Violin

Violin

Tuesday, June 22, 2010

Edelweiss Flower

Hallo ! Sekarang aku lagi seneng banget sama yg namanya bunga Edelweiss. Bunganya cantik, warna putih, dan biasa disebut Bunga Abadi. Dan konon bisa memberkati rumah kita jika kita memeliharanya di rumah. Berikut beberapa gambarnya :








Tapi, alangkah baiknya jika kita tidak memetik dan memeliharanya. Alasannya sangat mudah, walaupun disebut bunga Abadi, tetapi, tetap saja bunga ini semakin langka dan hanya ada di daerah pegunungan misalnya di Gunung Semeru. Siap-siap berendam di Ranu Kumbolo atau Ranu Regulo jika ketahuan memetiknya di sana. Wuiiiih..

Kesadaran akan kestabilan habitat dan ekosistem lingkungan akan membuat kita semakin bijak dalam memahami alam. So..don’t take this flower home. I mean it… :)

Eh, by the way, this is Edelweiss Song :

Edelweiss



Edelweiss, edelweiss, every morning you greet me
small and white,
clean and bright,
you look happy to meet me
blossom of snow
may you bloom and grow,
bloom and grow forever
edelweiss, edelweiss, bless my home-land forever

Kalau yang di atas itu lagunya, yang di bawah ini penjelasannya. Selamat memahami..

BUNGA RATU - Edelweiss

Edelweiss (Leontopodium alpinum), salah satu bunga yang sangat terkenal sebagai "BUNGA GUNUNG EROPA", sebagai salah satu keluarga BUNGA MATAHARI (Asteraceae).

Nama bunga ini berasal dari GERMAN
edel (berarti Mulia-noble) dan weiƟ (berarti Putih - white). Nama Genusnya Leontopodium berarti "LION'S paw" atau CAKAR MACAN, sedangkan LEON dari bahasa YUNANI - leon (lion) and podion ( KAKI, pous, foot).
  • Bunga ini bisa tumbuh mencapai ukuran 3-20cm (dalam perawatan dan pengembangan bisa mencapai 40cm). Daun yang muncul nampak seperti WOOL karena tertutup oleh BULU-BULU yang PUTIH.
  • Bunga ini mekar antara bulan JULI dan SEPTEMBER . Dan uniknya penyebaran bunga ini lebih menyukai daerah berbatu dan berkapur pada ketinggian 2000-2900m.
  • Bunga ini tidak beracun, dan sudah digunakan sebagai obat tradisional untuk melawan penyakit yang berhubungan dengan perut (pembedahan perut) dan penyakit yang berhubungan dengan pernapasan.
  • Bunga ini biasanya tumbuh di lokasi yang tidak terjangkau, yang mana ini banyak terjadi di negara Slovenia dengan pegunungannya . Karena warna PUTIH-nya maka Switzerland menjadikannya sebagai simbol ke-MURNI-an dan ke-CANTIK-an, sehingga bangsa ROMANIA menyebutnya sebagai, floarea reginei (Queen's flower)

11 comments:

  1. hhmm..edelweiss..lovely..tapi aku lebih suka dandelion..

    ReplyDelete
  2. dandelion juga bagus :)
    tapi aku lebih milih edelweiss karena... gimana ya ngejelasinnya ?
    pokoknya aku ngerasa kalo edelweiss itu beda dari bunga lainnya :) I love it so much :D

    ReplyDelete
  3. edelweiss......
    keren ( jeritan hati ) dan lumayan menarik

    Kalau aku....., sebenarnya tidak ada
    hhehehehhe <.>"

    Aku lebih menyukai tumbuhan seperti lidah buaya. Mungkin karena bentuknya yang menarik dan banyak manfaatnya. Seperti untuk membuat gelembung.

    ReplyDelete
  4. aku ingat saat membuat gelembung dari lidah buaya.Aneh dan sangat mengashikan..
    Dan lagi aku juga menyukai edelweiss,tapi sebenarnya aku kurang tertarik soal bunga("padahal di blogku menulis tentang bunga!!!!!).
    Untuk sekedar pertanyaan,"apakah yang membuatmu bunga edelweiss berbeda dengan bunga yang lainnya?"

    ReplyDelete
  5. *r.crooly : lagilagi gelembung -.-" ahahahaha.. kayaknya aku mau nyoba deh :D
    utk jawaban pertanyaanmu, mungkin karena :

    1. edelweiss itu kelopaknya lain dari bunga lain (lihat di gambar) kesannya kayak di buat dari wool/bahan, padahal bukan.
    2. kebetulan edelweiss itu warnanya putih. aku sukaaa bgt warnanya itu (inget kan, kalo aku suka warna putih..).
    3. dia bunga yang langka. cuma bisa di jumpai *kalo di indonesia* di gunung-gunung tertentu. di luar negeri juga adanya di tempat yg sulit di jangkau. makanya jarang ada, dan di lindungi. *aku suka sama bunga langka, jadi kesannya gimanaa gitu*
    4. julukannya banyak. ada 'bunga abadi', 'bunga yg bisa membawa berkat', 'bunga ratu (queen's flower)', dan mungkin masih bnyk yg blm aku tau.
    5. konon katanya, kalo kita tanam bunga ini di rumah, rumah kita bakal diberkati. liat aja di kalimat terakhir pada lagu Edelweiss, 'Edelweiss, Edelweiss, Bless my home-land forever'
    6. kalau sampai di buat lagunya, berarti edelweiss itu bunga yang di kagumi *waw*.
    7. yang terakhir... aku suka banget namanya.. Edelweiss.. kesannya cantik dan suci (sesuai warnanya).

    mungkin itu aja kali yaa.. :) sebenernya masih banyak yg aku kagumin.. cuma susah ngejelasinnya pake kata-kata... ehehehe.. :D

    ReplyDelete
  6. Oh begitu..tapi apakah kamu sudah pernah melihat bunga edelweiss secara langsung,bukan dari gambar maupun surat kabar?.Ya..walaupun bunga edelweiss terdapat di gunung-gunung tertentu.Dan juga andaikan kamu menemukan bunga tersebut,akan kamu apakan bunga edelweiss yang telah kamu temukan?
    Maaf... banyak nanya!

    ReplyDelete
  7. *r.crooly :
    -aku blm ngeliat bunganya langsung (maklum, jarang jalan-jalan -.-") ahahaha.. tapi ngedenger dan ngeliat gambarnya aja aku udh seneeeng bgt sm bunga ini :)
    -kalo aku ketemu sama bunga ini, aku ga mau ngambil/metik (karena bunga ini udh langka, lagian ada hukumannya). aku bakal foto tu bunga sampe puas. aku juga bakal minta adikku buat fotoin aku sm tu bunga (buat bukti *ahahaha*). bagi aku, foto aja udh cukup kok.. ga perlu sampe diambil (lagian kalo diambil nanti juga layu, kan sayang jadinya). yang penting pengalaman :D

    itu jawabanku

    ReplyDelete
  8. hiks..sebenernya aku pernah ke sebuah gunung yang ada edelweiss-nya, dan sebenernya aku juga pingin ngeliat..tapi sayang waktu itu aku lagi sakit, jadinya ga bisa lanjut liat bunganya deh..udah lama si, waktu kelas 3..

    ReplyDelete
  9. ni, kukasi tau tempatnya, di gunung papandayan..untuk naik ke situ itu mesti naik mobil yang jalannya jeleeek banget, sampe aku mabuk..ntar ada tempat camp trus tinggal naik gunung (jalan kaki) aga jauh si, keliatannya, trus (katanya) ada padang edelweiss..

    tapi kayaknya ga semua orang bisa naik ke situ (ga secara umum), dan aku ga gitu yakin, karena dulu aku masi kecil..nah, silahkan mengecek..semoga kamu bisa liat ASAP

    ReplyDelete
  10. Ngomong-ngomong G.Papandayan di mana ya.....???

    ReplyDelete
  11. *tin : makasih banyak udh di kasih tau tempatnya tapi..... aku ga tau di mana Gunung Papandayaaaan... huhuhu T.T

    ReplyDelete